Menjadi seorang Bloger

Sebelum ngeblog, anda harus menentukan apakah kegiatan blogging ini tepat atau tidak untuk anda. Karena hanya dengan meyakini hal-hal yang kita punyai dan menyadari kekurangan kita maka kita akan bisa sukses termasuk dalam hal blogging ini.

Blogger harus senang surfing/browsing

Satu postingan di blog yg sukses pasti membutuhkan penelitian, perbandingan terhadap bahan yang sama dan bila anda tidak termasuk orang yang senang surfing, ini tentu menyulitkan. Terutama sekali kendala waktu yang dipakai untuk berlama-lama di depan layar komputer.
Belum lagi kalau kita bicara tentang promosi blog (SEO), blog walking (mengunjungi blog lain), membaca dan menanggapi komentar, dan hal lain yang anda lakukan dengan online.
Menjadi blogger yang sukses anda harus sedikitnya senang baca, riset kecil-kecilan dengan search engine, menghabiskan waktu di depan monitor.

Blogger harus senang menulis

Bila anda termasuk orang yang benci dan sangat enggan menulis, saya ragu blog cocok untuk anda. Memiliki blog yang sukses adalah sering melakukan posting, menanggapi komentar, mengomentari blog orang lain – yang semua itu memerlukan kegiatan menulis. Dan untuk jadi blogger yang sukses anda tidak hanya senang menulis, lebih jauh anda harus produktif menulis.

Blogger harus menyenangi topik blognya

Kita lupakan dulu tentang blog yang digunakan untuk cari uang. Karena kalo sudah dikaitkan dengan making money, seorang bisa dipaksakan untuk mengetahui dan melaksanakan suatu hal. Tapi bila anda memang sudah menyenangi topik blog anda maka biasanya posting atau komentar yang diberikan pun terasa lebih menarik. Dengan memilih topik yang menjadi kesenangan kita maka updating blog menjadi lebih menyenangkan.

Blogger harus memiliki komitmen

Seorang blogger harus komitmen baik secara waktu dan upaya, dan juga dibutuhkan disiplin dan motivasi. Blogging memerlukan kita menyisihkan waktu dalam jadwal harian dan menepati jadwal tersebut.

Blogger harus nyaman mempublikasikan opininya

Seorang blogger harus merasa nyaman mempublikasikan opininya. Bila masih diiringi rasa kuatir blogging mungkin belum tepat untuk anda. Posting yang anda kirimkan di blog bisa dibaca oleh banyak orang, dan tentu saja ini membutuhkan kesabaran dalam menanggapi komentar, kritikan dan cacian (yang mungkin saja ada).

Sudah bukan jamannya lagi sekarang blogging dengan anonim. Toh kebebasan berpendapat diakui dimana-mana. Dan menjadi anonim pun ada batasnya, karena kawan-kawan dekat kita mungkin justru jadi pengunjung awal blog yang kita buat.

Blogger harus tidak gaptek dan mau belajar

Blogging perlu pengetahuan, paling tidak mengoperasikan komputer dan software tertentu. Bila sekarang anda belum tahu bagaimana itu blogging dan anda mau belajar, ini sudah cukup baik. Tapi internet dan blogging terus berkembang sehingga anda dituntut untuk terus belajar. So bila blogging akan menjadi gaya hidup anda, maka anda harus mau belajar bagaimana memulai blog, memelihara blog dan mengembangkan blog di masa datang.

Hayooo .. sudah siap jadi blogger profesional?

Tinggalkan komentar