Buat Blog dengan Blogspot

Ok, sekarang kita coba buat sebuah blog gratis pada blogger.com (sebagian dari tulisan ini disunting dari sini)

-) Setidaknya ada 2 penyedia yang langsung ada dalam pikiran saya untuk dijelaskan disini. Pertama penyedia blog ini sendiri wordpress.com dan blogspot.com. Sekarang kita mulai dari blogspot dulu.

  1. Kliklah link ini. Atau image di bawah ini untuk masuk ke halaman seperti di bawah ini.blogger1
    Kita akan menggunakan alamat email Gmail. Belum punya? Bikin disini! Sekarang klik panah “CIPTAKAN BLOG ANDA”
  2. Anda akan berhadapan dengan image seperti dibawah ini .. dan isikan data yang diperlukan.blogger4
  3. Setelah itu beri nama/judul blog anda. Disini dicontohkan Anang Boedi’s Family dan tentukan subdomain yang ingin anda gunakan. Ini kelak akan jadi alamat blog anda. Dalam contoh adalah : http://anangboedi.blogspot.com, sempatkan cek ketersediaan, bila sudah ada cari nama lain. Setekah itu klik LANJUTKAN.

    blogger5

  4. Masih di langkah kedua ini tentukan juga template yang akan digunakan. Untuk sementara gunakan saja dulu yang sederhana. Kita akan mencari dari koleksi selain di koleksi Blogger.com. Klik LANJUTKAN.

    blogger6

  5. Sekarang blog anda telah diciptakan. Anda bisa mulai blogging. Klik tanda panah.blogger7
  6. Halaman di bawah ini adalahblogger9

    Anda perhatikan disudut kanan atas ada email yang anda gunakan mengakses blog ini dan link ke panel kontrol, bantuan dan keluar. Kelak untuk melakukan kustomisasi blog kita akan banyak menggunakan link kontrol panel ini.

    blogger8

  7. Ingat sebuah posting sangat dianjurkan memiliki Judul, dalam contoh dibuat About Me. Anda melihat diatas kanan box lurus dengan judul ada 2 tab Edit HTML dan Compose. Secara default Compose yang akan dipilih. Disini tampilan yang diperlihatkan adalah WYIWYG. Seperti pada kebanyakan word processor. Sedangkan tab Edit HTML berguna bila kita menggunakan kode-kode HTML. Ini akan dibicarakan tersendiri kelak.
    blogger12

    Pratinjau (peview) adalah bagaimana tulisan anda akan ditampilkan di browser nantinya. Berturut-turut dari kiri ke kanan pada toolbar adalah : dropdown jenis huruf; besar huruf; Bold, Italic, Warna huruf, link, perataan teks, ordered list, bullet list, blockquote, periksa ejaan, sisipkan gambar, sisipkan video, menghapus format. Kelak akan kita bahas lagi.
    nah sekarang anda dapat mulai menulis. Menurut beberapa orang tulisan yang baik bila berkisar 300-1000 kata. Saya tidak tahu apa memang demikian.
    ===
    Bila anda hilangkan image untuk tulisan diatas sampai dengan kata demikian berjumlah 399.
    ===

    Nah, setelah selesai satu tulisan masih ada yang harus anda lakukan sebelum postingan ini di-publish.

    blogger13
    Pada bagian bawah ada, ada option apakah tulisan bisa dikomentari atau tidak oleh pembaca, kemudian ditera tanggal saat itu, masa lalu atau masa datang. Kemudian juga anda dapat memberikan label. Di WordPress ini dikenal sebagai Category.

    Baik sekarang tulisan anda sudah siap. Klik MEMPUBLIKASIKAN POSTING. Anda juga bisa klik SIMPAN SEBAGAI DRAFT untuk tulisan yang belum selesai anda buat.

  8. Setelah anda publish tulisan anda, akan ada pemberitahuan sebagai berikut.blogger10
  9. Anda bisa klik di Lihat Blog atau (di jendela baru) untuk melihat hasil tulisan pertama anda, seperti pada image berikut :blogger11

HOREEEE .. selesai! Siapa tadi yang bo’ong 3 langkah ?!%&$?! Ini sembilan !!!

Tinggalkan komentar